Lapangan Gas Pertamina Anggana

Senin, 08 November 2010

Anggana adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Anggana lebih dikenal dengan sebutan Kutai Lama. Kecamatan Anggana ini merupakan kecamatan yang kaya akan sumber daya alam. Selain batubara, di Kecamatan Anggana juga terdapat tambang Gas Alam.

Pertambangan gas alam di anggana dikelola oleh Pertamina selaku otorita / pengelola sumber daya energi di Indonesia. Daerah penambangan gas alam di Anggana ini lebih dikenal dengan Lapangan Gas Pertamina Anggana. Banyak sumur-sumur gas yang sudah berproduksi.


Explorasi sumur-sumur gas alam ini sudah dirintis sejak jaman penjajahan Belanda, seperti halnya tempat-tempat explorasi sumber daya energi di tempat lain seperti sumur minyak di Tarakan, Cepu dan lain-lain. Saat ini pertamina terus gencar melakukan pengeboran sumur-sumur gas baru di wilayah Anggana ini.  Seperti yang sudah menjadi kebijakan  Indonesia untuk mendiversifikasi  sumber energi minyak bumi ke sumber energi gas  bumi maka penambangan gas bumi dilakukan secara besar-besaran, bukan hanya di Anggana tetapi juga dilakukan di wilayah lain di Indonesia.

0 komentar: